Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

4 Cara Menanam Kacang Panjang di Polybag untuk Persediaan Sayur di Rumah



Baturajaradio.com - Kacang panjang merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari India dan banyak ditemukan di Afrika. Kacang panjang digunakan sebagai sayuran dan juga berbagai masakan. Lalu bagaimana cara menanam kacang panjang di polybag?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan menanam kacang panjang di rumah terutama di polybag. Dengan cara yang benar, maka akan menghasilkan kacang panjang yang subur dan bagus.

4 Cara Menanam Kacang Panjang di Polybag

    Dikutip dari buku Bercocok Tanam Kacang Panjang karya Asripah, (Ganeca Exact) dijelaskan bahwa kacang panjang termasuk jenis kacang tipe merambat. Sehingga ketika akan menanam kacang panjang di rumah harus ada space untuk kacang merambat.

Meski begitu menanam kacang panjang tidak memerlukan lahan yang luas. Karen kacang panjang juga bisa di tanam di polybag atau pot yang bisa diletakkan di halaman, teras, atau balkon rumah.

Berikut adalah cara menanam kacang panjang di polybag yang mudah dan praktis. Dengan menanam sendiri bisa menghasilkan kacang panjang yang organik.

1. Memilih Bibit

    Langkah pertama adalah memilih bibit kacang panjang yang berkualitas. Bibit kacang panjang bisa dibeli di toko pertanian atau online. Pilihlah bibit yang terlihat kusam dan berisi penuh (bernas), mampu berkecambah di atas 90 persen, tidak cacat atau rusak, dan tidak mengandung hama penyakit.

2. Menyiapkan Media Tanam

    Media tanam yang dibutuhkan adalah tanah subur dan gembur yang dicampur dengan kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1. Ayaklah tanah, kompos, dan arang sekam hingga menjadi butiran halus, lalu aduk rata. Masukkan campuran media tanam ke dalam polybag sesuai kebutuhan.

3. Menanam Kacang Panjang

    Cara menanam kacang panjang cukup mudah. Buatlah lubang tanam di media tanam dengan kedalaman sekitar 3-5 cm. Masukkan 2-3 biji kacang panjang ke dalam lubang tanam, lalu tutup kembali dengan media tanam.

Siramlah tanaman setiap hari hingga benih tumbuh. Jika ada tanaman yang rusak atau terkena penyakit pada hari kelima sampai ketujuh, segera ganti dengan yang baru agar tumbuh secara serentak.

4. Merawat Kacang Panjang

    Setelah benih tumbuh menjadi tanaman, maka kacang panjang harus dirawat dengan baik. Selain menyiram secara rutin, jangan lupa untuk membersihkan tanaman dari gulma atau tanaman liar yang mengganggu pertumbuhan.

Itulah cara menanam kacang panjang di polybag yang bisa dilakukan di rumah. Dengan cara ini, bisa mendapatkan persediaan sayur yang segar, sehat, dan hemat biaya. (WWN)

(https://kumparan.com/seputar-hobi/4-cara-menanam-kacang-panjang-di-polybag-untuk-persediaan-sayur-di-rumah-219N3Y31Wsc/full)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.