Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tingkatkan Literasi Data, Luncurkan Desa Cantik



Baturajaradio.com - Bupati OKU Timur, Ir. H. Lanosin, M.T., didampingi oleh Wakil Bupati H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., secara resmi meluncurkan Sistem Satu Data Desa Indonesia (Desa Cantik) di Desa Sidomulyo, Kecamatan Belitang, OKU Timur pada Kamis, 19 September 2024.

Program Desa Cantik merupakan inisiatif yang terinspirasi oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo, dalam pidatonya pada peringatan Sumpah Pemuda ke-92. 

Presiden menekankan pentingnya menyatukan Indonesia, dimulai dengan pembangunan dari wilayah-wilayah terkecil, termasuk desa-desa. 

Oleh karena itu, peningkatan literasi data di desa menjadi penting sebagai dasar pengambilan keputusan yang mendukung pembangunan.

Bupati Lanosin, yang akrab disapa Enos, menekankan pentingnya data akurat dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk menyalurkan hak-hak masyarakat. 

"Seorang pemimpin yang adil membutuhkan data yang tepat agar perencanaan, bantuan, dan pembangunan dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap Lanosin.

Bupati Enos berharap Desa Sidomulyo dan Desa Tanjung Raya bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di OKU Timur. 

"Saya ingin desa-desa lain dapat belajar, meniru, dan mengembangkan apa yang telah dilakukan kedua desa ini. Jika semua desa telah menjadi desa cantik, kita bisa mewujudkan OKU Timur yang lebih maju dan mulia," lanjutnya.

Bupati Enos juga menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membantu penganggaran.

Agar setiap kecamatan memiliki minimal satu desa cantik sebagai model bagi desa-desa lainnya.

Bupati Lanosin juga memastikan dukungan penuh dari Pemkab OKU Timur, terutama jika Desa Sidomulyo berhasil mewakili Provinsi Sumatra Selatan di tingkat nasional.

Kepala BPS Provinsi Sumatera Selatan, Moh. Wahyu Yulianto, S.Si., S.St., M.Si., menyampaikan apresiasinya kepada Bupati OKU Timur dan masyarakat atas dukungan penuh dalam pelaksanaan kegiatan ini. 

Ia berjanji untuk terus bersinergi dan memastikan Desa Cantik Desa Sidomulyo dapat mewakili Sumsel di tingkat nasional.

Senada diungkapkan Kepala BPS Kabupaten OKU Timur, Ir. Budiriyanto, M.A.P., juga berharap Desa Sidomulyo bisa membawa Sumsel ke tingkat nasional pada tahun 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD H. Rusman, S.E., M.M., dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan program ini adalah untuk meningkatkan literasi dan kesadaran perangkat desa serta masyarakat dalam pengelolaan data statistik. (*)

(https://okes.disway.id/read/651505/tingkatkan-literasi-data-luncurkan-desa-cantik/15)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.