Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

12 Tips Sukses Berkarir, Mulai Praktikan dari Sekarang!



Baturajaradio.com - Di era serba digital seperti sekarang ini, tak hanya teknologi yang berkembang maju, namun persaingan dalam dunia kerja juga semakin tinggi. Ditambah lagi setiap pekerja dituntut memiliki soft skill yang harus dikuasai saat terjun di dunia kerja. Tak heran jika saat ini banyak sekali tips sukses berkarir dari berbagai tokoh atau para ahli di bidang profesional.

Perlu kamu ketahui bahwa jenjang karir adalah salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan dalam suatu pekerjaan. Apalagi, tak jarang di beberapa bidang tertentu, banyak orang merasa jika demand-nya menurun, akan tetapi jumlah supply meningkat. Lalu, apa saja tips sukses berkarir? Simak artikel ini sampai habis ya!

12 Tips Sukses Meraih Karir Cemerlang

1. Percaya Diri
Tips sukses berkarir yang pertama adalah percaya diri. Ketika kamu berhasil mengenali kemampuan serta potensi diri sendiri akan sangat membantu untuk bisa lebih yakin dan siap menghadapi setiap tantangan.

Kepercayaan diri bisa kamu peroleh dengan cara meningkatkan komunikasi intrapersonal sesering mungkin dan temukan sesuatu dalam diri kamu yang bernilai serta paling menonjol, sehingga dapat dimanfaatkan ketika berkarir.

2. Disiplin
Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, menjalankan rutinitas secara teratur, serta menjaga konsistensi kualitas kerja merupakan tiga poin penting yang diperhatikan perusahaan. Maka dari itu, memiliki sikap disiplin akan membantu kamu dalam mencapai sukses berkarir. Banyak orang-orang yang sukses di dunia ini juga bermula dari menjalani hidup yang disiplin.

3. Bangun Mindset Positif
Tips sukses karir selanjutnya adalah membangun mindset positif terhadap diri sendiri dan orang lain serta mencari sisi positif dari setiap masalah akan membantu kamu untuk terus bersemangat & optimis. Selain itu, memiliki harapan yang tinggi terhadap masa depan juga lebih termotivasi dalam meraih sukses karir. Makanya, mulai dari sekarang berikan afirmasi positif ke diri sendiri dan buat manifestasi yang baik, ya!

4. Dapat Bekerjasama
Dalam suatu pekerjaan, kamupasti butuh koordinasi dengan orang lain, baik itu sesama anggota tim atau rekan kerja dari divisi lainnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, penting halnya memiliki kemampuan bekerjasama agar setiap tugas terselesaikan dan kamu juga akan mampu bekerja dalam beragam jenis lingkungan kerja.

Supaya kerja sama berjalan dengan baik, pastikan kamu selalu belajar untuk meningkatkan active listening skill agar bisa memahami maksud, ide, dan perasaan orang lain terutama teman satu tim. Jadi, koordinasi juga dapat berjalan dengan lancar serta minim terjadinya miskomunikasi.

5. Menyukai Tantangan
Salah satu faktor yang membantu kamu mendapatkan kesempatan yang baik dalam meningkatkan jenjang karir adalah sikap menyukai tantangan. Biasanya, perusahaan menyukai orang dengan karakter terbuka atas setiap tantangan maupun perubahan, karena orang-orang tersebut dianggap tangguh dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan.

Dengan menyelesaikan tantangan yang diberikan (selama masih satu jalur dan linier dengan job desc) oleh perusahaan, kamu pun dapat mengukur seberapa tangguh mental serta kinerja kamu,

6. Memiliki Tujuan yang Jelas
Tips sukses berkarir selanjutnya yaitu memiliki tujuan yang jelas dalam karir. Hal tersebut akan membantu kamu untuk lebih fokus dan terorganisir dalam bekerja sekaligus memudahkan dalam menentukan strategi karir serta merancang berbagai langkah yang harus diambil agar tujuan bisa tercapai.

7. Fokus pada Kebiasaan Baik
Membangun kebiasaan baik dan menghindari kebiasaan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain, serta selalu berusaha membangun diri ke arah yang lebih baik akan membantu kamu untuk lebih mudah meraih keberhasilan.  Singkatnya, menjaga kebiasaan-kebiasaan baik dalam berkarir menjadi salah satu tips kerja yang tidak boleh dianggap sepele.

8. Bangun Relasi
Salah satu tips sukses karir yang paling sering dibicarakan para tokoh ternama adalah membangun relasi sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan hubungan positif tersebut untuk bisa saling berbagi pengalaman, strategi karir, hingga kesempatan dan peluang baru.

Memiliki relasi di zaman seperti sekarang sangatlah penting untuk mengembangkan jenjang karir kamu dan bertemu dengan orang-orang baru, sehingga pemikiran jauh lebih terbuka.

9. Punya Banyak Ide dan Berani Berpendapat
Salah satu tips bekerja untuk meningkatkan jenjang karir adalah memiliki banyak ide sekaligus berani menyampaikan pendapat tersebut. Sebab, tak jarang perusahaan sangat mengutamakan sikap kreatif dan inovatif dari pekerjanya supaya dapat memberikan solusi serta strategi terbaik demi mencapai keberhasilan bersama.

Berani berpendapat secara tidak langsung juga akan membangkitkan kemampuan critical thinking kamu, sehingga lebih terorganisir dan berhati-hati ketika menganalisis suatu data.

10. Mau Belajar dari Kesalahan
Setiap orang pasti pernah berbuat salah atau mengalami kegagalan, namun jika bisa menerima dan belajar dari kesalahan tersebut akan membantu kamu meraih karir yang sukses. Oleh karena itu, jangan malu atau takut untuk mengakui kesalahan karena kamu bisa belajar banyak hal dari sana.

Ingat, semua orang pernah berbuat kesalahan dan tidak masalah dengan hal tersebut, selama kamu dapat mempertanggungjawabkannya dan membuatmu lebih berhati-hati ketika bertindak.

11. Fokus pada Hal yang Bisa Dikontrol
Memfokuskan perhatian pada hal-hal yang bisa dikontrol dan tidak terlalu memperhatikan hal-hal di luar kontrol diri akan membantu kamu mencapai keberhasilan dengan lebih mudah. Ketika kamu sadar bahwa tidak semua hal dapat dikendalikan, maka secara tidak langsung konsentrasi kamu jauh lebih baik ketimbang memikirkan seluruh hal yang sebenarnya berada di luar kendali diri kamu.

Fokuslah untuk menyelesaikan masalah atau meningkatkan kapasitas diri kamu daripada harus mengurus hal-hal yang tidak ada kaitannya secara langsung dengan diri kamu.

12. Bersyukur dan Cintai Diri Sendiri
Tips sukses meraih karir cemerlang yang terakhir adalah memiliki rasa syukur dan mencintai diri sendiri atas segala kelebihan, kekurangan, sekaligus setiap progress selama bekerja. Selain itu, bersyukur serta cintai diri sendiri juga akan membantu kamu merasa lebih nyaman & lebih termotivasi untuk memberikan hasil terbaik dalam bekerja.

(https://futureskills.id/blog/tips-sukses-berkarir/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.