Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

HOAX Kabar OKU Banjir Lagi Hari ini, BPBD Sampai Dibuat Kerepotan


Baturajaradio.com
- Beredar kabar hoax di sosial media yang menyebutkan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) kembali dilanda banjir hari ini. 

Kabar hoax tersebut sampai membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU kerepotan.

Sebab beredarnya kabar Kabupaten OKU kembali dilanda banjir membuat BPDB dengan sigap menerjunkan personelnya ke lapangan. 

Namun setelah dicek, ternyata didapati fakta bahwa kabar tersebut hanyalah hoax. 

Manager Pusdalops BPBD OKU, Gunafi yang dihubungi Senin (5/8/2024)  menjelaskan awalnya Pusdalops BNPB mendapat kabar beredar di medsos yang  yang menyebutkan wilayah Kabupaten OKU hari ini mengalami banjir.

Setelah mendapat  kabar tersebut, BPBD OKU langsung menindaklanjuti informasi yang masuk ke BNPB tersebut.

“Kami langsung melakukan koordinasi dengan rekan-rekan satgas BPBD OKU  yang bertugas di beberapa wilayah kecamatan untuk melaporkan kondisi cuaca serta kondisi debit air sungai di masing-masing  wilayah ,” jelas Gunafi.  

Menurut Gunafi dari hasil laporan petugas di lapangan kabar tersebut hoax, petugas piket posko di lapangan melaporkan bahwa kondisi cuaca cerah dan debit air sungai dalam kondisi normal.

Gunafi sebagai Pusdalops  di Provinsi dan Kabupaten Kota yang juga merangkap sebagai Pusdatin (Pusat Data dan Informasi/humas) mengimbau seluruh lapisan masyarakat OKU  untuk lebih bijak dalam penggunaan medsos atau menerima informasi dari medsos terutama mengenai pemberitaan kejadian bencana di wilayah OKU apalagi menyangkut bencana  yang akan membuat masyarakat resah.

“Sebaiknya informasi dilakukan klarifikasi ke BPDB sebelum menyebarkan kabar benacna banjir  hoax,” imbuh Gunafi. 

(https://sumsel.tribunnews.com/2024/08/05/hoax-kabar-oku-banjir-lagi-hari-ini-bpbd-sampai-dibuat-kerepotan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.