Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Atasi Susah Sinyal saat Ada di Tengah Demo

 





Baturaja Radio.com - Keramaian seperti saat berada di aksi demo atau unjuk rasa di jalanan, konser di ruang tertutup atau stadion, kerap membuat sinyal seluler lemot banget. Berikut beberapa tips untuk mengatasi susah sinyal pada kondisi tersebut.

Keramaian saat berada di tengah-tengah kerumunan massa, seperti aksi demonstrasi menolak pengesahan RUU Pilkada, di depan Gedung DPR, Kamis (22/8), tidak membuat sinyal yang diterima menjadi lemah.

Kondisi ini menurunkan kualitas sinyal lantaran harus berbagi dengan banyak pengguna lain.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah kualitas sinyal saat berada di keramaian:

1. Airplane hingga update
Cara pertama yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah sinyal adalah dengan mengaktifkan mode pesawat atau airplane. Aktifkan mode tersebut, tunggu sekitar detik, lalu matikan kembali.

Dengan melakukan hal tersebut, ponsel Anda akan memeriksa ulang jaringan yang tersedia.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus me-reboot ponsel Anda agar perangkat bisa memeriksa ulang jaringan.

Dikutip dari PC Mag, hal tersebut diperlukan ketika Anda melintasi perbatasan internasional, atau terkadang ketika Anda memasuki atau meninggalkan zona operator roaming.

Terkadang, pembaruan perangkat lunak ponsel juga dapat membantu mengatasi masalah sinyal. Lakukan pembaruan secara berkala pada ponsel Anda untuk memastikan tidak ada masalah pada perangkat yang mempengaruhi penerimaan sinyal.

2. Pindah jaringan
Saat ini beberapa tempat menawarkan jaringan 5G sebagai alternatif yang menawarkan koneksi yang lebih cepat. Jika perangkat dan SIM Card Anda telah mendukung teknologi tersebut, beralih ke jaringan 5G bisa jadi solusi agar tak mengalami susah sinyal.

Namun Anda perlu memastikan apakah operator seluler Anda telah menyediakan jaringan 5G di tempat tersebut. Pasalnya, jaringan 5G di Indonesia baru disediakan di tempat-tempat tertentu oleh masing-masing operator seluler.

Jika semua syarat terpenuhi, Anda bisa beralih ke jaringan 5G untuk konektivitas yang lebih baik, karena tidak berbagi dengan terlalu banyak pengguna dibandingkan dengan jaringan 4G yang telah digunakan secara luas.

3. Pakai Wi-Fi
Beberapa konser bekerja sama dengan penyedia layanan internet untuk menopang kebutuhan jaringan internet. Mereka biasanya menyediakan beberapa titik dengan koneksi internet gratis.

Jika jaringan seluler benar-benar tak bisa diandalkan selama konser, Anda bisa menggunakan Wi-Fi di titik-titik tersebut.

4. Cari tempat lain
Beberapa objek fisik dapat mengganggu transmisi sinyal ke ponsel Anda. Jika Anda berada di dalam ruangan, Anda bisa berjalan ke luar ruangan atau mencari area yang lebih terbuka untuk mencari sinyal yang lebih baik.

5. Punya nomor dari opsel lain
Setiap operator seluler memiliki kualitas sinyal yang berbeda-beda di setiap tempat dengan jumlah pengguna yang juga berbeda-beda.

Maka dari itu, kualitas sinyal operator seluler bisa mengalami perbedaan di setiap konser. Oleh karenanya, memiliki nomor alternatif dari opsel yang berbeda bisa jadi solusi untuk masalah susah sinyal di konser.

6. Perkuat sinyal
Khusus pengguna Telkomsel, ada kode yang bisa digunakan untuk memperkuat sinyal yang disesuaikan dengan merek ponsel.

Dikutip dari laman Telkomsel, berikut daftar kode untuk memperkuat sinyal:

- Kode *#*#4636#*#* dapat dipakai oleh semua pengguna Android. Setelah melakukan panggilan, pilih opsi "LTE Only."

- Kode *#7465625*782*# juga dapat dimanfaatkan oleh semua pengguna Android. Anda tinggal melakukan panggilan dan menentukan tipe koneksi yang kamu mau untuk memperkuat sinyal.

- Kode *#2263# bisa dimanfaatkan oleh pengguna Samsung yang ingin memperkuat sinyal Telkomsel. Usai melakukan panggilan, langsung klik pilihan "All LTE."

- Kode *##4838#*#* bisa dipakai oleh pengguna Vivo. Setelah melakukan panggilan ke kode tersebut, silakan pilih opsi "All LTE."

- Kode *#*#232338#*#* dapat dimanfaatkan oleh pemakai realme. Anda bisa segera melakukan panggilan lalu menentukan pengaturan jaringan sesuai kebutuhan.

- Kode *#*#3646633#*#* bisa digunakan oleh semua pengguna Xiaomi. Setelah melakukan panggilan, Anda bisa memilih opsi "LTE Only."

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240822132401-218-1136181/cara-atasi-susah-sinyal-saat-ada-di-tengah-demo

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.