Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

6 Resep Minuman Segar yang Efektif untuk Menurunkan Kolesterol Jahat, Lezat dan Mudah Dibuat!

 



Baturaja Radio.com - Kebiasaan makan yang tidak sehat, pola tidur yang tidak menentu, stres, dan gaya hidup yang tidak seimbang bisa memicu banyak penyakit. Salah satunya kolesterol.

Namun ternyata, mengonsumsi minuman tertentu setiap hari bisa membantu mengurangi kolesterol jahat hingga menurunkan berat badan. Banyak jenis minuman yang mengandung senyawa penting yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tubuh.

Penasaran apa saja minuman sehat ini? Temukan resepnya yang telah dirangkum dari Medical News Today di bawah ini!

Susu Kedelai

Ilustrasi Susu Kedelai/Foto: Freepik/jcomp
Ilustrasi Susu Kedelai/Foto: Freepik/jcomp

Kedelai merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh yang rendah. Susu kedelai ini bisa mengganti produk susu tinggi lemak untuk mengurangi kadar kolesterol tubuh.

Selain itu, lebih baik kamu mengonsumsi kedelai dalam bentuk utuh dan olahan tanpa tambahan gula, garam, maupun lemak. Konsumsilah 2-3 porsi minuman berbahan dasar kedelai setiap hari di mana satu porsi mewakili 250 ml susu kedelai.

Smoothie Plant-Based

Tahukah kamu jika ada banyak jenis susu nabati yang mengandung senyawa yang bisa mengontrol kadar kolesterol? Kamu bisa membuat bahan dasar smoothie yang cocok menggunakan susu kedelai atau susu oat.

Resep membuat smoothie ini juga cukup mudah, yaitu campurkan 1 cangkir (250 ml) susu kedelai atau oat dengan buah dan sayuran penurun kolesterol. Buah dan sayuran ini antara lain 1 buah pisang, 1 genggam anggur, 1 potong mangga atau melon, 2 buah plum kecil, 1 cangkir kale, atau 2/3 cangkir labu.

Teh Hijau

Ilustrasi Teh Hijau/Foto: Unsplash/Massimo Rinaldi
Ilustrasi Teh Hijau/Foto: Unsplash/Massimo Rinaldi

Kamu mungkin sudah tahu jika teh hijau termasuk salah satu jenis minuman yang memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan kadar kolesterol total. Kamu bisa meminum teh hijau ini setiap hari untuk menjalani diet kolesterol.

Resep Minuman Segar yang Efektif untuk Menurunkan Kolesterol Jahat, Selanjutnya


Jus Tomat

Tomat mengandung senyawa lycopene yang mampu meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat LDL. Mengolah tomat menjadi jus juga diketahui meningkatkan kandungan likopennya. Meminum 280 ml jus tomat setiap hari selama dua bulan bisa menurunkan kadar kolesterol darah.

Smoothie Berries

Ilustrasi Smoothie Berry/Foto: Unsplash/Nature Zen
Ilustrasi Smoothie Berry/Foto: Unsplash/Nature Zen

Buah berry dikenal kaya akan kandungan antioksidan, serat, dan rendah kalori maupun lemak. Buah ini mampu membantu penurunan kadar kolesterol, terutama karena adanya kandungan senyawa antioksidan berupa antosianin.

Kamu bisa mencoba resep membuat smoothie berry dengan mencampurkan dua genggam (80 gram) berry seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan raspberry. Kemudian tambahkan ½ cangkir susu rendah lemak atau yoghurt dan ½ cangkir air dingin.

Minuman Jahe dan Lemon

Ilustrasi Minuman Jahe/Foto: Freepik/Freepik
Ilustrasi Minuman Jahe/Foto: Freepik/Freepik

Melansir dari Times of India, jahe, lemon, dan bawang putih dikenal sebagai bahan alami yang kaya antioksidan, mineral, dan vitamin. Senyawa penting ini bisa membantu mengurangi lemak tubuh dan kadar LDL.

Resep membuat minuman dengan kombinasi tiga bahan ini juga sangat sederhana, yaitu campurkan 5 gelas air, 3 inci akar jahe, dan 4 siung bawang putih kemudian didihkan. Setelah mendidih, tambahkan air perasan tiga buah lemon berukuran sedang. Kamu juga boleh menambahkan madu agar lebih nikmat.

https://www.beautynesia.id/wellness/6-resep-minuman-segar-yang-efektif-untuk-menurunkan-kolesterol-jahat-lezat-dan-mudah-dibuat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.