Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Ini Rincian Bantuan yang Akan Dikirim RI ke Gaza


Baturajaradio.com --
Bantuan kemanusiaan untuk masyarakat di Jalur Gaza, Palestina, terus mengalir. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyebut bantuan yang sudah terkumpul di Indonesia akan dikirim dalam bentuk barang yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza.

"Iya banyak (bantuan) dan inikan yang tadi, mengkordinasikan, tiga (organisasi) ini tadi mengkoordinasikan, tapi di belakangnya banyak organisasi-organisasi lain," kata Jubir Kemlu Lalu Muhamad Iqbal di kantornya, Rabu (1/11/2023).

Lalu mengatakan bantuan kemanusiaan ini tidak hanya berasal dari pemerintah, tapi juga dari lembaga kemanusiaan yang ada di Indonesia.
Lalu menyebut sudah ada tiga lembaga kemanusiaan yang menghimpun bantuan untuk Gaza, yakni Palang Merah Indonesia (PMI), Baznas, dan Humanitarian Forum Indonesia.

"(Bantuan) dalam bentuk barang. Value-nya itu," kata Lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Niniek Kun Naryatie mewakili Palang Merah Indonesia (PMI) mengatakan PMI mengumpulkan sumbangan yang akan dikirimkan ke Gaza sebesar Rp 2,9 miliar. Niniek menyebut bantuan itu terdiri dari generator listrik hingga tabung-tabung oksigen.

"Kami dari PMI telah menyiapkan bantuan yang akan dikirimkan ke Gaza bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri senilai Rp 2,9 miliar. Saat ini bantuan tersebut sudah berada di PMI," kata Niniek.

Kemudian dari Humanitarian Forum Indonesia juga mengumpulkan bantuan dari masyarakat sebesar Rp 5 miliar. Bantuan itu terdiri dari makanan hingga selimut dan matras.

"Kami telah mengumpulkan dukungan dari masyarakat Republik Indonesia hingga saat ini sebesar kurang lebih Rp 5 miliar. Tetapi kami menyadari bahwa situasi ini tidak bisa kemudian diberikan dukungan hanya pada satu atau dua kali. Tapi ini proses yang nanti akan memakan waktu yang cukup panjang," kata perwakilan dari Humanitarian Forum Indonesia, Ali Yusuf.

Bantuan juga dihimpun Badan Zakat dan Amil Indonesia (Baznas). M. Imdadun Rahmat selaku Deputi 2 Baznas menyebut total sumbangan yang telah dihimpun Rp 1,7 miliar dan sudah dibelanjakan dalam bentuk barang seperti obat-obatan hingga pakaian.

"Untuk tahap pertama ini kami telah membelanjakan donasi dalam bentuk barang senilai Rp 1,7 miliar yang insyaallah akan kita titipkan ke kloter yang pertama di hari yang akan dilepas di akhir pekan ini," katanya.


Sumber Artikel:: https://news.detik.com/berita/d-7014582/ini-rincian-bantuan-yang-akan-dikirim-ri-ke-gaza.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.