Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Evaluasi Tabrakan Maut KA di Lumajang, Menhub: Dipasang Safety Lamp-Yello Box


B
urat
ajaradio.com -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan upaya dan evaluasi yang dilakukan pihaknya usai peristiwa kecelakaan KA Probowangi di Lumajang yang menewaskan 11 orang penumpang Elf. Budi Karya mengatakan pihaknya sudah memasang safety lamp dan akan memasa
ng yellow box junction di perlintasan kereta tersebut.

"Upaya untuk penanganan sudah kita lakukan dengan menutup dan membuka kembali perlintasan sebidang itu sudah kita lakukan," kata Budi usai mengikuti rapat kerja bersama Komisi V DPR di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

"Bahkan yang baru ini kita akan melakukan dua hal, yaitu dari sisi kereta kita akan pasang safety lamp. Artinya memastikan jika ada sesuatu di perlintasan, lampu itu akan nyala. Ini akan dipasang 2 an. "Dan kedua kita akan buat yellow box, ini fungsinya jika ada kendaraan, di belakangnya tidkm. Karena kecepatan kereta saat ini sudah 120 km," jelas Budi Karya.

Kemudian dia menjelaskan fungsi yellow box junction yang akan memastikan jalur kereta steril dari kendaraak boleh masuk. Artinya jalur kereta ini harus clear. Nah, kita minta itu," lanjutnya.

Di samping itu, Budi meminta masyarakat agar selalu waspada saat melintasi perlintasan sebidang atau perlintasan KA berpalang pintu.

"Kita juga minta kepada masyarakat dan supir-supir supaya ditaati," kata dia.

Untuk diketahui, terjadi kecelakaan maut mobil Isuzu Elf tertabrak KA Probowangi di perlintasan sebidang di Lumajang, Jawa Timur. Kecelakaan KA Probowangi di Lumajang tersebut menewaskan 11 orang yang merupakan rombongan dari Surabaya.

Sumber Artikel:: https://news.detik.com/berita/d-7049660/evaluasi-tabrakan-maut-ka-di-lumajang-menhub-dipasang-safety-lamp-yellow-box.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.