Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Hari Pahlawan, Mahasiswa di OKU Nyalakan Seratus Lilin

Baturaja Radio - Memperingati hari Pahlawan yang jatuh hari ini, 10 November, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menyalakan "seratus" lilin mengenang jasa pahlawan bertajuk seribu harapan seribu doa untuk bangsa, yang dipusatkan di halaman DPRD OKU, tadi malam (9/11).


"Kami mengajak para mahasiswa untuk berdoa guna mengenang jasa-jasa pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekaan," ujar Ketua PMII OKU, M Bayu Setiawan.
Menyalakan seratus lilin, dikatakan Bayu hanya sebagai simbol semangat. Meski kecil, namun semangat kepahlawanan di kabupaten OKU, menurut dia, masih menyala.
"Api yang kecil merupakan simbol semangat kepahlawanan karena seperti halnya para pahlawan kita yang menyatukan semangat dan kekuatan yang kecil menjadi sebuah kekuatan yang besar, dan 1 harapan merupakan manifestasi dari tujuan kemerdekaan, yaitu kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat indonesia," jelasnya.
Bagi PMII, hari pahlawan ialah perwujudan semangat nasionalis dan patriotisme agar selalu tetap terjaga dalam setiap dimensi waktu dan zaman. 
Maka dari itu hari pahlawan adalah moment kebangkitan rasa itu, agar apa yang telah diwariskan oleh para pahlawan  tidak luntur oleh arus globalisasi, radikalisme dan penjajahan moral bangsa untuk melupakan jasa pahlawan agar anak bangsa lupa akan sejarah bangsa.
Dirinya juga mengingatkan ucapan bung Karno,  bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah.
Sementara itu, tadi pagi (10/11), Pemkab OKU menggelar upacara bendera di halaman Kantor Pemerintah Daerah (pemda) OKU, setelah malamnya melaksanakan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kemarung Kelurahan Sepancar Lawang Kulon kecamatan Baturaja Timur.
Upacara itu dihadiri unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pelajar, unsur TNI -POLRI serta Aparatur Sipil Negara ( ASN).
Di kesempatan itu, H Maulan Aklil, Penjabat Bupati OKU yang menjadi Inspektur upacara menyampaikan sambutan Menteri Sosial RI. 
Usai upacara, Pj Bupati dan jajaran terkait bertolak ke TMP Kemarung untuk tabur bunga.
Kemudian pemberian penghargaan Pepabri pusat oleh ketua Pepabri Sumsel, kepada mantan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis. Serta pemberian penghargaan satya lencana ke 19 orang untuk usia kerja 10 tahun dan 5 tahun.(rmolsumsel)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.