Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Orangtua, Jauhkan Smartphone dari Anak-Anak Anda!

Baturaja Radio - Sebuah review terbaru mengatakan, radiasi gelombang mikro (Microwave Radiation atau MWR) yang dilepaskan oleh perangkat nirkabel berpotensi membahayakan, terutama untuk janin dan anak-anak. Review L Lloyd Morgan, seorang peneliti senior di Environmental Health Trust, ini diterbitkan secara online (15/7) di Journal of Microscopy dan Ultrastructure .

Penelitian ini merujuk pada studi paparan ponsel yang dilakukan 2009-2014. Menurut Morgan, tingkat penyerapan MWR lebih tinggi pada anak-anak daripada orang dewasa karena jaringan otak mereka sifatnya lebih menyerap (dua kali lipat dari orang dewasa), tengkorak anak-anak lebih tipis dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Dan berdasarkan studi lain, sumsum tulang anak-anak menyerap MWR 10 kali lebih besar daripada orang dewasa.

Sedangkan pada janin, radiasi dapat menyebabkan degenerasi selubung pelindung yang mengelilingi neuron otak.

Inilah kemudian yang membuat pemerintah Belgia, Perancis, India, dan negara maju lainnya mengeluarkan undang-undang dan/atau peringatan tentang penggunaan perangkat nirkabel untuk anak-anak.

Agar penggunaannya tetap aman, produsen smartphone menentukan jarak minimum produk dari tubuh. Untuk komputer, laptop, dan tablet, jarak minimum dari tubuh adalah 20 cm (sekitar 7,8 inci).

Meskipun laporan ini sudah dipublikasikan dan beberapa negara sudah memberikan peringatan, masih banyak juga masyarakat yang tidak menyadari hal tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.