Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Praktis Menjadi Sukses

Baturaja Radio - Semua orang yang sukses harus bisa berkembang. Perkembangan bisa dilakukan dari berbagai aspek, bisa aspek kualitas diri (sikap dan mental), finansial, karir, dan lain sebagainya. Dari semua aspek, hal yang paling penting untuk dikembangkan adalah kualitas diri.Bagaimana caranya agar kita bisa terus mengembangkan diri, berikut beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan.

1. Baca Buku

Untuk mengembangkan diri, hal pertama yang harus berkembang adalah dari sisi mindset atau pola pikir. Mindset atau pola pikir adalah fondasi dasar kesukesan seseorang. Tidak mungkin seseorang bisa sukses jika tidak memiliki pola pikir orang sukses. Banyak cara yang bisa digunakan untuk menanamkan mindset sukses dalam diri, salah satunya adalah dengan membaca buku pengembangan diri.

2. Mencoba Hal Baru

Untuk menjadi orang yang berkembang, kita perlu memiliki wawasan yang luas, selain dengan membaca, kita juga bisa melakukannya dengan mencoba hal baru, tentu saja hal yang positif. 

Anda bisa melakukan hal baru yang sesuai dengan gaya Anda namun tidak perlu terlalu ekstrim, misalnya dengan belajar bahasa asing, bahasa yang baru bagi Anda. 

Bagi Anda seorang karyawan, Anda bisa mencoba berbisnis. Saya yakin Anda akan mendapatkan banyak inspirasi saat Anda mulai berbisnis. Namun, Anda juga akan menemukan banyak tantangan yang bermula dari rasa takut dan ragu.

3. Tingkatkan Skill Anda

Jika Anda ingin berkembang, kemampuan yang Anda miliki saat ini perlu Anda tingkatkan. Misalnya, Anda bisa berbicara di depan umum, tetapi masih belum begitu bagus. Anda bisa belajar atau sering melatih diri berbicara di depan umum.

Sebaliknya, jika Anda merasa punya kekurangan dalam kemampuan tertentu, padahal Anda membutuhkan kemampuan tersebut untuk kesuksesan Anda, Anda wajib mengembangkan kemampuan tersebut. Misalnya jika Anda seorang yang bekerja di bidang penjualan, padahal Anda merasa sangat sulit untuk menghadapi orang baru, bernogiasi atau menawarkan suatu produk. Anda wajib meningkatkan kemampuan Anda di bidang tersebut dengan belajar.

4. Olahraga

Kondisi fisik berpengaruh terhadap kondisi mental, begitu juga sebaliknya. Dalam psikologi dikenal istilah psikosomatis yaitu sakit fisik yang ditimbulkan oleh faktor psikologis. Contohnya, ketika Anda diminta berbicara di depan umum, 5 menit sebelum naik panggung, tiba-tiba Anda merasa perut mules. Perut mules yang disebabkan oleh rasa takut atau cemas ini terjadi karena hendak berbicara di depan panggung.

5. Minta Masukan dari Teman

Anda bisa bertanya kepada teman Anda, bagaimana performa Anda akhir-akhir ini. Mintalah masukan dengan pikiran terbuka. Saat meminta masukan dari teman Anda, lakukanlah dengan natural jangan membuat teman Anda merasa canggung dengan pertanyaan Anda.

Dalam situasi ini Anda harus siap menerima masukan negatif (jika ada). Sebalikya, ketika Anda mendapatkan masukan yang positif, tetaplah bersikap bersahaja, jangan tinggi hati. Semua masukan dari teman Anda akan menjadi bahan evaluasi.
Sumber :  aquariuslearning.co.id

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.