Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Menambah Berat Badan Bayi Biar Si Kecil Makin Montok

Baturaja Radio - Hingga saat ini, ada saja orang yang beranggapan bahwa bayi kurus adalah bayi kurang gizi. Meskipun belum tentu benar, pernyataan bahwa bayi lebih lucu dan menggemaskan ketika dia gemuk memang tidak bisa dielakkan. Bagi ibu yang ingin menaikkan berat badan si kecil, disini kita akan membahas cara menambah berat badan bayi. Tapi alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu kita membahas penyebab bayi kurus. Penyebab yang pertama biasanya karena asupan nutrisi bayi, sebaiknya semua nutrisi yang diperlukan bayi harus terpenuhi melalui makanan pendamping asi. Usahakan asupan makanannya mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Maka buatlah makanan dengan komposisi yang mengandung nutrisi tersebut. kedua bisa saja bayi anda memang sedang dalam masa pertumbuhan, artinya berat badannya turun secara wajar karena tinggi badannya naik sehingga aktifitasnya pun berkurang. Ketiga bisa saja karena bayi anda mengalami gangguan kesehatan sehingga nafsu makannya berkurang. Lama kelamaan ini akan mempengaruhi berat badan si bayi. Itulah identifikasi penyebab rendahnya berat badan bayi, selanjutnya kita akan bahas cara menambah berat badan bayi.

Cara menambah berat badan bayi yang pertama adalah dengan memperhatikan asupan ASI. Pastikan bayi anda diberi asupan asi yang berkualitas. Asupan ASI berkualitas dipengaruhi oleh asupan makan seorang ibu. Ibu harus melengkapi asupan nutrisi harian dengan baik serta hindari tekanan stres dan jagalah kesehatan agar ASI yang diberikan juga baik. Kedua perhatikan pemberian makanan pendamping asi, bayi 6 bulan ke atas sudah harus diberikan makanan pendamping asi karena pada saat itu bayi akan mulai mengurangi minum asi. Jadwalkan pemberian makanan pendamping asi 2 – 3 kali sehari dengan porsi yang sesuai. Usahakan makanan mengandung nutrisi yang cukup bagi tumbuh kembangnya. Ganti menu makanan pendamping agar si kecil tidak bosan. Terakhir, perhatikan komposisi makanan pendamping asi. Anda dapat membuat makanan pendamping dengan porsi bubur tim dan sayuran atau daging yang seimbang. Lainnya, anda bisa memberikan camilan sehat sesekali agar lebih variatif.

Tapi ingat, jangan berlebihan memberi makanan pada si kecil. Yang perlu anda waspadai adalah, tidak berarti gemuk itu sehat, dan tidak berarti kurus itu tidak sehat. Gemuk bisa membahayakan jika sudah mencapai angka obesitas. Orang dewasa yang terkena obesitas saja sangat riskan, apalagi untuk si kecil yang sistem pertahanan tubuhnya belum sesempurna orang dewasa. Obesitas memang bisa saja disebabkan karena keturunan, tapi yang lebih penting ada faktor lain yang mempengaruhinya yaitu gaya hidup. Ajarkan gaya hidup sehat sejak dini. Jadi sebagai orang tua hendaknya kita ekstra hati-hati dalam memilih segala sesuatu untuk si kecil, apalagi makanan. Sekali lagi anda perlu memperhatikan cara menambah berat badan bayidengan benar dan tidak dilakukan berlebihan.
Sumber: ibubayibalita.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.