Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

8 Jurus Untuk Jantung Sehat

Baturaja Radio - Penyakit kardiovaskular merupakan tipikal akibat adanya terosklerosis. Plak atau lemak menimbun di saluran pembuluh darah, lalu mengeraskannya dan membuatnya tidak elastis. Proses ini berjalan progresif atau terus menerus dan tidak bisa dihambat bila konsumsi lemak tinggi tidak dihentikan. Pada akhirnya akan menyebabkan serangan jantung maupun stroke.

Ada banyak faktor resiko yang menyumbang proses ini, salah satunya genetik. Bahkan gaya hidup jga demikian sehingga tidak bisa disepelekan. Untuk itu, madjongke.com akan menyampaikan cara menjaga agar jantung tetap sehat yang diambil dari Majalah LIBERTY.

1. Pilih makanan sehat, menghindari makanan tinggi lemak, mengurangi daging merah, gorengan, makanan yang berkalori tinggi dan menggantinya dengan sayur-sayuran, buah-buahan segar, daging putih, makanan berserat dan juga biji-bijian.

2. Lakukan latihan fisik secara teratur. Olah raga yang teratur akan melatih otot juga jantung yang menyebabkan tercapainya keseimbangan hormon. Jika terlalu berat, setidaknya olah raga ringan 30 menit dalam sehari sudah bisa dikatakan cukup.

3. Kenali faktor resiko. Ini sangat penting seperti misalnya, salah satu anggota keluarga ada yang mengalami serangan jantung. Kita bisa sedikit waspada karena berada dalam rantai resiko penyakit jantung yang tinggi.

4. Cek kolesterol dan juga tekanan darah secara teratur. Hipertensi merupakan penyakit yang menyerang diam-diam. Cek kesehatan merupakan salah satu langkah yang diambil untuk mewaspadai. Jika dianggap tidak normal, barulah dokter yang bicara.

5. Hindari kegemukan sebab kegemukan menyebabkan pelepasan lemak bebas. Akibatnya seluruh hormon terganggu, tekanan darah naik, Konsultasi dengan dokter ahli diet agar berat badan terjaga normal.

6. Kelola stres. Stres dapat menaikkan tekanan darah dan meningkatkan kecenderungan yang buruk. Selain itu stres juga bisa menurunkan kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh akan mudah terinfeksi dan terserang penyakit jantung. Untuk ini, Anda bisa melakukan yoga, rekreasi, mendengarkan musik, atau aktivitas lain yang menghibur.

7. Berhenti merokok. Karena rokok adalah salah satu penyebab penyakit kardiovaskular juga penyakit-penyakit lain. Sehingga, untuk menjaga jantung agar tetap sehat upayakan niat untuk berhenti merokok.

8. Jangan anggap sepele tanda-tanda penyakit jantung. Seperti misalnya, nyeri dada seperti terbakar, rasa penat pada tulang punggung, leher, tangan, atau nafas tersengal dan pendek. Jika salah satu tanda-tanda tersebut Anda alami, segera konsultasikan ke Dokter dan ikuti apa yang dokter tersebut sarankan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.