Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Ciri Air Minum yang Aman Dikonsumsi

Baturaja Radio - Kendati secara umum Anda sudah mengetahui air minum yang aman untuk dikonsumsi , namun ada baiknya mengingat kembali seperti apa ciri-cirinya. Air minum yang aman dikonsumsi haruslah meliputi semua persyaratan kualitas air minum berikut:

1. Persyaratan Fisik: jernih, tidak berbau, dan tidak berasa.
2. Persyaratan Kimia: tidak mengandung logam berat dan zat kimia berbahaya.
3. Persyaratan Mikrobiologi: tidak mengandung bakteri atau parasit untuk menjamin agar air minum bebas dari penyebab penyakit.

Dr Saptawati Bardosono, MSc , dari Universitas Indonesia mengatakan, orang-orang yang aktif dan dinamis dalam kehidupannya sehari-hari disarankan untuk tidak pernah lupa untuk banyak minum air putih. Minumlah air secara bertahap, tidak sekaligus, untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Namun dr Saptawati mengingatkan, jika kita sering minum air putih dengan membeli air mineral dalam botol yang tergolong larutan hipotonik, sebaiknya habiskan segera dalam waktu yang tak terlalu lama. Hindari paparan sinar matahari langsung, misalnya dengan menyimpan botol air mineral di dalam mobil, apalagi sampai berhari-hari lamanya.

“Botol air mineral yang sering dibuka-tutup, otomatis akan mengalami perpindahan bakteri dari mulut ke botol, dan air yang ada di dalamnya. Jika air mineral dalam botol yang sudah terpapar bakteri dari mulut tadi disimpan di dalam mobil dan kepanasan, tentu akan mengakibatkan bakteri berkembang biak di dalam air,” papar dr Saptawati.

Jika botol air sudah menginap beberapa hari di dalam mobil, pada saat dibuka lagi tutupnya, airnya pasti akan berbau, sehingga sudah tak aman dikonsumsi. Selain itu, lapisan plastik botolnya juga secara perlahan akan luruh dan tercampur dengan air. Ini berbahaya jika diminum.

“Setelah minum sampai habis air mineral dari botolnya, lalu segera hancurkan botolnya dengan cara meremas dan membuang pada tempatnya. Tujuannya, untuk menghindari agar botol bekas itu tidak digunakan lagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab," ungkap dr Saptawati.

Botol plastik air mineral tidak boleh digunakan kembali sebagai wadah air minum selanjutnya. Sebab zat kimia yang terkandung dalam plastik bisa meluruh secara perlahan.
Sumber : www.tabloidnova.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.