Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Menggunakan Softlens

Baturaja Radio - Berikut saran dari AOA (American Optometric Association) agar dampak negatif menggunakan softlens dapat diminimalisir atau dikurangi:

- Temui dokter / ahli mata untuk mencari informasi dan mendapatkan lensa yang sesuai untuk mata anda dan layak pakai.

- Jika anda akan menyentuh lensa cuci tangan terlebih dahulu.

- Selalu lepas softlens anda ketika anda tidur.

- Membersihkan lensa secara rutin. Cara membersihkan yang baik adalah : usap lensa kontak dengan jari dan bilas dengan cairan pembersih sebelum menyimpan lensa dalam wadah yang sudah berisi cairan pembersih.

- Simpanlah wadah lensa kontak di tempat yang lembab dan terlindung dari cahaya matahari langsung

- Gantilah wadah lensa setiap minimal 3 bulan sekali.

- Untuk menyimpan lensa, gunakan cairan pembersih yang masih baru. Jangan gunakan cairan yang sudah dipakai, meskipun terlihat bersih tetapi mengandung bakteri atau jamur yang bisa membahayakan mata.

- Patuhi jadwal penggantian lensa kontak sesuai anjuran dokter.

- Temui dokter mata anda untuk memeriksakan mata anda secara rutin.

- Jangan mengucek mata, meskipun mata terasa gatal jangan sekali-kali mengucek mata karena akan merubah posisi softlens menjadi tidak tepat di kornea, sebaiknya menggunakan tetes mata khusus softlens.

- Denger-denger juga ada yang namanya Hardlens bentuknya lebih kecil dari softlens sebesar pupil mata, dan cara melepasnya pun lebih rumit dibandingkan softlens karena melepasnya menggunakan pipet kecil yang khusus untuk melepas hardlens tersebut. Hardlens lebih lama penyesuaiannya di bandingkan softlens dan agak sedikit ribet karena harus di cuci 1x seminggu dan yang terpenting adalah 6 bulan sekali hardlens harus di steam setelah itu jangan langsung di pakai karena harus di rendam dulu ± 24 jam agar steril.
Sumber : aneka-tipskesehatan.blogspot.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.