Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Buah Kiwi, Si Kecil Kaya Manfaat

Baturaja Radio - Bentuknya boleh mungil, tapi buah oval ini kaya nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh. Ingin tahu lebih jauh manfaat buah kiwi?

Buah kiwi adalah sejenis buah beri yang meski kaya serat tetapi memiliki tekstur daging buah yang sangat halus. Hingga saat ini buah kiwi sudah banyak ditanam di berbagai negara. Buah yang awalnya bernama Gosberi Cina ini terdiri dari dua jenis, yaitu buah kiwi hijau dan buah kiwi emas (gold kiwi). Buah kiwi emas adalah hasil persilangan antara buah buah kiwi di Cina dengan di Selandia baru.

Soal rasa, gold kiwi lebih manis ketimbang buah kiwi hijau yang cenderung asam. Nutrisinya pun lebih banyak terdapat dalam gold kiwi meski perbedaannya tak terlalu banyak. Namun, kedua jenis ini sama-sama bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

Kaya Antioksidan
Menurut dr. Marlyn Glenville dari Food and Health Forum International, kulit buah kiwi mengandung antioksidan, bahkan tiga kali lebih banyak dari daging buahnya. Antioksidan tinggi tersebut mudah diserap tubuh (vitamin C dan E, po-lyphenol, carotenoid, dll) dan membantu memperbaiki sel tubuh akibat radikal bebas.

Normalkan Tekanan Darah

Potasium penting untuk tubuh, salah satunya untuk menormalkan tekanan darah. Mengonsumsi dua buah kiwi mampu memenuhi 10% kebutuhan potasium harian Anda. Sama dengan sebuah pisang, namun rendah kalori.

Cegah kanker
Riset Rowett di Inggris menemukan, mengonsumsi gold kiwi setiap hari akan memberikan dua kali lipat tingkat perbaikan DNA seseorang. Kerusakan genetik ini menjadi penyebab kanker.

Kesehatan Jantung
Universitas Oslo di Norwegia menemukan, dengan mengonsumsi dua atau tiga buah kiwi sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengencerkan darah, dan mengurangi pembekuan darah. Kiwi juga menurunkan kadar trigliserida dalam darah hingga 15%. Sumber alami vitamin E rendah lemaknya menjaga kesehatan jantung.

Turunkan Gejala Asma
Cobalah konsumsi 5-7 porsi buah kiwi dan buah jeruk selama seminggu. Sebuah penelitian di Italia menemukan, campuran kedua buah itu mampu menurunkan gejala batuk dan asma pada anak-anak.

Cerahkan kulit
Sebuah kiwi mengandung vitamin C tiga kali lipat dibanding jeruk, sehingga mampu memenuhi asupan harian vitamin C Anda. Dosis yang tinggi ini bermanfaat menjaga kulit tetap kencang dan lentur, serta mempertahankan tingkat kolagen. Vitamin C pada buah kiwi juga berfungsi sebagai anti bakteri yang membantu mencerahkan kulit.

Sahabat Pencernaan
Buah kiwi menjadi sumber serat alami yang berguna bagi kesehatan sistem pencernaan. Enzim actinidin di dalamnya dapat membantu menguraikan protein. Kandungan prebiotiknya menjaga kesehatan usus.

Sumber folat
Bagi wanita hamil, asam folat tentu sangat dibutuhkan untuk perkembangan optimal gen pada janin. Nah, buah kiwi merupakan salah satu buah dengan sumber folat yang tinggi.
Sumber : www.tabloidnova.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.