Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tips Memilih Sikat Gigi Bayi

Baturaja Radio - Pada saat gigi pertama bayi mulai muncul, saatnya Anda membeli sikat gigi baginya. Model yang paling cocok digunakan untuk pertama kali adalah sikat gigi dengan gagang panjang dan kepala sikat yang kecil. Model seperti ini memudahkan Anda mencapai seluruh area di dalam rongga mulut bayi Anda.

Sikat gigi bayi Anda juga sebaiknya memiliki bulu sikat yang bulat dan lembut. Anda harus mengganti sikat gigi bayi Anda setiap 10 – 12 minggu, atau lebih cepat lagi apabila bulu sikat sudah rusak.

Pilihan lainnya adalah sikat gigi khusus bayi yang bisa dimasukkan ke dalam jari Anda. Ada bayi yang lebih menyukai sikat gigi seperti ini, tapi ingat, jika bayi Anda senang menggigit, jari Anda akan mudah terluka akibatnya.

Semakin bertambah besar bayi Anda, ia akan ingin memegang sikat giginya sendiri. Untuk itu pilihlah sikat gigi yang bergagang besar, sehingga lebih mudah dipegang olehnya. Namun tentu saja Anda tetap harus membantunya menyikat gigi.

Pasta Gigi dan Fluoride

Pada dasarnya Anda belum memerlukan pasta gigi untuk membersihkan gigi bayi Anda, karena dengan menyikat gigi saja (dan ini memang hal yang paling penting), gigi bayi Anda sudah menjadi bersih. Bila Anda menggunakan pasta gigi, Anda harus memilih pasta gigi khusus bayi, dengan kandungan fluoride yang sangat sedikit. Bahkan sebenarnya, American Association of Pediatric Dentistry TIDAK menganjurkan penggunaan fluoride pada bayi berusia di bawah 2 tahun.

Fluoride membantu memperkuat lapisan enamel gigi. Namun demikian, terlalu banyak fluoride bisa menyebabkan Fluorosis, yaitu munculnya bintik-bintik putih pada gigi tetap. Jika Anda menggunakan pasta gigi dewasa untuk menyikat gigi bayi Anda, bayi Anda akan berisiko mengalami fluorosis. Mengapa? Karena bayi cenderung menelan pasta gigi ketika menyikat gigi.
Sumber : www.untukku.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.