Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Gejala Fisik Anda Mulai Menopause

Baturaja Radio - Menopause sebenarnya merupakan sebuah fase alami yang dialami setiap wanita dalam kehidupan. Namun, masih banyak wanita yang tidak menerima kondisi ini.

Menopause terjadi akibat penurunan pada hormon estrogen. Penurunan ini memberikan beberapa dampak, salah satunya adalah berhentinya siklus haid atau menopause, demikian ungkap Dr Wiwik Widayanti. Dikatakan menopause jika siklus haid berhenti selama kurang lebih 12 bulan berturut-turut.

“Namun jarak ini tidak bisa dijadikan patokan juga. Semua tergantung pola hidup wanita tersebut,” kata Wiwik, saat media forum High Desert Indonesia (HDI) bertema “Mempersiapkan Masa Menopause yang Lebih Baik Sejak Dini”, di Century Park Hotel, Senayan, Jakarta, Rabu (16/4).

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai menopause:

Gejala Fisik Menopause
Selain haid yang terhenti, menopause juga ditandai dengan berbagai gejala fisik. Di antaranya adalah sakit kepala separuh/migrain, hot flashes (kulit kemerahan dan panas), kulit kering, kalau jalan agak lama mudah tersengal-sengal, puting payudara mengecil karena jaringan lemak mengecil dan kekurangan kolagen, bagian pinggang menggemuk, vagina kering, sering buang air kecil, mulai terjadi osteoporosis, rambut di beberapa bagian tubuh menebal dan hitam, gigi longgar dan gusi surut, serta nyeri pinggul.

Mengurangi Gejala Menopause
Untuk mengurangi dampak gejala dari menopause, Anda perlu menjalankan pola makan seimbang dan berolahraga secara teratur.

* Makanan
Wiwik menyarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari, mengonsumsi karbohidrat (berasal dari nasi, mi, pasta, cereal, roti, dll), buah minimal 2 jenis per hari, sayur minimal 3 jenis per hari, protein hewani (seperti daging, unggas, ikan, dll), olahan susu (seperti susu, yogurt, keju), mengonsumsi suplemen kalsium, vitamin D, dan vitamin B-12, serta memenuhi asupan lemak, minyak, gula, dan garam secukupnya saja.

* Olahraga
Wiwik beranggapan, olahraga yang baik dilakukan dengan diet sehat adalah renang. “Tapi sudah menjadi kebiasaan kita, sehabis olahrga langsung makan berat. Yang ada, makanan itu langsung diserap tubuh layaknya spons.”

Jadi, usahakan usai berolahraga, Anda minum air putih terlebih dahulu dan mengonsumsi buah. Semoga dengan mengetahui gejala fisik dan cara mengurangi gejala menopause, Anda bisa menghadapi masa menopause dengan lebih tangguh dan ceria.
Sumber : palembang.tribunnews.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.