Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

15 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Pria

Baturaja Radio - Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Nah , merujuk pada pepatah ini, ada baiknya Anda mengenali beberapa gejala kanker yang sering diabaikan pria seperti ditulis Kathleen Doheny (diulas Laura J Martin, MD., Editor Kesehatan WebMD ) berikut ini. Dengan memerhatikan petunjuk di bawah, siapa tahu Anda bisa menemukan dan mengobati kanker sejak dini.

Leonard Lichtenfeld, MD., wakil kepala medis kantor nasional American Cancer Society , mengatakan, pria harus “dipaksa” memeriksakan kesehatannya, terutama soal kanker.Padahal, kanker hanya bisa ditemukan dan dicegah melalui pemeriksaan rutin. Dengan begitu, penderita akan memiliki lebih banyak pilihan untuk pengobatan dan kesempatan yang lebih baik dalam penyembuhan.

1. Massa Payudara

Banyak yang berpikir, kanker payudara hanya bisa diderita oleh kaum hawa. Sebenarnya, pada pria juga bisa, loh, hanya saja tidak umum. “Jika massa payudara seorang pria bertambah, ada baiknya ia memeriksakannya,” kata Lichtenfeld.

American Cancer Society mengidentifikasi beberapa tanda-tanda yang mengkhawatirkan yang melibatkan payudara laki-laki atau perempuan.

- Kulit dimpling atau berkerut.
- Puting retraksi.
- Kulit atau puting payudara kemerahan atau bersisik.
- Puting mengeluarkan cairan (tidak sedang menyusui pada wanita).

2. Nyeri

Seiring bertambahnya usia, rasa sakit dan nyeri meningkat di beberapa bagian tubuh. Menurut

American Cancer Society , setiap rasa sakit yang terus berlanjut harus diperiksa oleh dokter. Melalui pemeriksaan, dokter bisa memutuskan pengujian lebih lanjut yangdiperlukan.

3. Perubahan Testis

Kanker testis paling sering terjadi pada pria berusia 20-39 tahun. Evan Y Yu, MD., asisten profesor kedokteran University of Washington dan asisten anggota Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, mengatakan kepada WebMD , “Setiap perubahan ukuran testis, seperti pertumbuhan atau penyusutan, sebaiknya diperiksakan,” kata.

Selain itu, pembengkakan, benjolan, atau perasaan berat di skrotum tidak boleh diabaikan. Beberapa kanker testis bisa terjadi sangat cepat. Jadi deteksi dini sangat penting.

4. Perubahan Kelenjar Getah Bening

Kata Hannah Linden, MD Linden, seorang ahli onkologi medis dan profesor kedokteran diUniversity of Washington School of Medicine , jika Anda melihat benjolan atau pembengkakan kelenjar getah bening di bawah ketiak atau di leher, atau di mana pun, itupertanda Anda harus merasa khawatir.“Apalagi jika kelenjar itu semakin membesar lebih dari sebulan belakangan.”

5. Demam Demam bisa saja menjadi tanda dari pneumonia atau penyakit atau infeksi lain.
 
 Kankermenimbulkan demam biasanya setelah kanker menyebar dari situs aslinya dan menyerang bagian tubuh lain.Pada kanker, demam biasanya terjadi pada kanker darah seperti leukemia atau limfoma.

Periksakan ke dokter untuk mengetahui jenis demam yang Anda miliki.

6. Berat Badan Turun

Berat badan Anda turun drastis padahal Anda sedang tidak diet, olahraga teratur, atau capek kerja. Jika seorang pria kehilangan lebih dari 10 persen dari berat badannya dalam jangka waktu 3 sampai 6 bulan, itu saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter.

7. Sakit Perut dan Depresi


Para ahli telah menemukan hubungan antara depresi dan kanker pankreas. Gejala lain dari kanker pankreas mungkin termasuk sakit kuning, perubahan warna tinja, dan penggelapan urin.

8. Kelelahan Kelelahan adalah gejala yang samar-samar lain yang bisa mengarah ke kanker pada pria, meski ada banyak masalah lain yang bisa menyebabkan kelelahan juga. 
Seperti demam, kelelahan dapat terjadi setelah kanker telah berkembang. Namun menurut American Cancer Society , hal itu juga sering terjadi di awal kanker seperti leukemia, kanker usus besar, atau kanker perut.

Jika Anda sudah banyak beristirahat namun lelas masih terus mendera, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

9. Batuk Persistan

Yakni batuk yang berlangsung lebih dari 3-4 minggu. Batuk itu bisa dibarengi pilek, flu, dan alergi, atau efek samping dari obat.Kata Ranit Mishori, MD., asisten profesor dan direktur magang kedokteran keluarga diGeorgetown University School of Medicine di Washington, jangan abaikan batuk seperti ini. Meski diagnosa tidak menunjukkan gejala kanker, bisa jadi itu bronkitis kronis atau acid reflux.

10. Kesulitan Menelan

Meski sudah mengubah bentuk makanannya menjadi lebih lembut dan cair, rasa sakit saat menelas masih juga ada. Wah, itu bisa jadi tanda dari kanker GI seperti kanker esophagus.

11. Perubahan Kulit

Anda harus waspada jika ada perubahan pada kulit, seperti mol. Itu tanda yang sangat dikenali pada kanker kulit, kata Mary Daly, MD., ahli onkologi dan kepala departemen genetika klinis di Fox Chase Cancer Center , Philadelphia.

12. Pendarahan di Mana-mana

“Setiap kali Anda melihat darah di beberapa bagian tubuh di mana Anda belum pernah melihatnya sebelumnya, seperti mulai batuk darah, meludah darah, berdarah di usus atau dalam urin, itu saatnya untuk mengunjungi dokter,” kata Lichtenfeld.

Itu bisa jadi tanda dari wasir atau kanker usus besar.

13. Perubahan pada Mulut

Jika Anda merokok atau mengunyah tembakau, Anda perlu waspada pada setiap bercak putih di dalam mulut atau bintik-bintik putih di lidah Anda. Perubahan tersebut mungkin menunjukkan leukoplakia, sebuah daerah pra-kanker yang dapat terjadi dengan iritasi berkelanjutan. Kondisi ini dapat berkembang menjadi kanker mulut.

14. Masalah Kemih

Dengan bertambahnya usia, pria biasanya lebih sering mengalami masalah kencing yang meliputi:

- Perasaan buang air kecil lebih sering, terutama malam hari
- Ada rasa urgensi.
- Merasa kandung kemih tidak benar-benar kosong (setelah buang air kecil).
- Tidak mampu memulai aliran urin.
- Urin bocor saat tertawa atau batuk.
- Aliran urin lemah. Jika semakin hari masalah di atas semakin semakin sulit diatasi, periksa ke dokter segera untuk mengetahui apakah kelenjar prostat Anda membesar atau menyebabkan nodul di atasnya. Kelenjar prostat sering membesar seiring dengan bertambah usia pria.Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi non-kanker yang disebut benign prostatic hyperplasia atau BPH.

15. Gangguan P encernaan

Gangguan pencernaan bisa menunjukkan gejala dari kanker kerongkongan, tenggorokan, atau perut. Jadi, jika orang yang Anda kasihi mengalami beberapa tanda di atas, sarankan dan damping mereka untuk segera memeriksakan diri ke dokter.
Sumber : www.tabloidnova.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.