Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

10 Hal yang Kerap Membuat Orang Fobia

Baturaja Radio - Fobia adalah ketakutan intens yang bisa mengganggu hidup Anda. Hal ini menyebabkan reaksi emosional dan fisik yang kuat. Orang dengan fobia tahu mereka berlebihan, hanya saja mereka tak mampu mengendalikan ketakutannya. Berikut beberapa hal yang kerap membuat orang fobia:

Ular
Enggak Cuma orang biasa, kadang ada beberapa tokoh pahlawan dalam sebuah cerita yang juga diceritakan sangat takut pada ular. Misalnya saja Indiana Jones. Dalam salah satu filmnya yang berjudul “Raiders of the Lost Ark ”, Jones menghadapi ophidiophobia -nya terhadap ular

Terbang
Aviophobia atau takut terbang sangatlah umum dialami hampir sebagian orang. Alasannya, mereka terganggu oleh laju pesawat yang bergelombang (naik-turun), cuaca buruk yang kadang memengaruhi penerbangan, dan mati dalam kecelakaan pesawat. Rasa takut kadang disertai dengan serangan panik atau merasa cemas berada di ruang yang terbatas/sempit.

Badut
Jika Anda melihat ada seseorang yang panik atau takut ketika melihat seseorang berpakaian “balon” berwarna-warni dengan rambut dan hidung merah, serta riasan wajah putih, jangan ditertawai. Ini pertanda orang tersebut mengalami coulrophobia atau ketakutan abnormal terhadap badut.

Gelap
Anak Anda takut gelap atau mengatakan ada monster bersembunyi di bawah tempat tidur? Jangan terlalu khawatir. Itu tidak berarti dia memiliki nyctophobia, rasa takut yang ekstrem terhadap gelap atau malam hari. Kebanyakan anak dapat mengatasi kekhawatiran ini dengan normal.
Jika ia sudah tidak bisa berpikir normal dan bahkan histeris jika berada di ruangan yang gelap, bisa jadi itu pobia.

Selai Kacang
Mungkin terdengar aneh. Masa, sih, ada orang yang takut dengan selai kacang (arachibutyrophobia )? Ya, orang seperti ini takut sekali jika selai kacang menempel di langit-langit mulut mereka. Selai kacang bukan satu-satunya makanan yang orang takuti. Ada juga yang takut terhadap asparagus yang biasa disebut spargarophobia .

Kuman
Kuman memang bukan sesuatu yang bisa diajak “berteman”. Saking takutnya terhadap kuman (mysophobia ), menjelang akhir hidupnya, Howard Hughes (seorang pebisnis dan sineas) sampai pernah membakar bajunya ketika ada orang yang terlalu dekat dengannya. Ia tidak mau kuman orang tersebut membuatnya sakit. Sehari-hari Hughes juga mengenakan kotak tisu di kakinya untuk melindungi kakinya dari kuman.

Ketinggian
Anda tidak akan menemukan orang dengan acrophobia menaiki roller coaster , jembatan penyeberangan, atau gedung tinggi. Acrophobia adalah takut pada ketinggian.
Seseorang dengan acrophobia akan mengalami serangan panik dan menjadi begitu takut bahwa ia tidak bisa bergerak saat berada di area yang tinggi. Itulah mengapa, ketika berada di “puncak” mereka merasa kesulitan untuk turun.

Telepon Genggam
Kehilangan ponsel membuat Anda panik, itu biasa. Tetapi bila hal itu sampai mengganggu Anda, mungkin Anda mengidap nomophobia (fobia tanpa ponsel). Meskipun kelompok medis terkemuka tidak memasukkan hal ini dalam daftar fobia secara resmi, tapi memang ada beberapa orang sangat posesif dengan ponsel mereka. Satu studi kecil menemukan bahwa 73 persen siswa tidur dengan ponselnya.

Keramaian
Orang seperti ini takut terjebak di tempat yang sibuk, seperti bank. Mereka merasa panik karena tidak memiliki cara mudah untuk keluar dari kerumunan. Ketakutan bisa begitu ekstrim pada beberapa orang sehingga menyebabkan mereka tidak mau keluar dan selalu tinggal di rumah setiap waktu. Kebanyakan agoraphobia (takut keramaian) berusia 20-an.

Angka 13 dan 4
Takut pada nomor 13 atau triskaidekaphobia sangatlah umum terjadi pada banyak orang. Mungkin hal ini disebabkan oleh mitos yang mengatakan bahwa angka 13 menandakan kesialan. Dan itu juga mungkin yang menyebabkan banyak bangunan tidak memiliki lantai 13 (nama lantai diganti menjadi 13 A).

Adapun sebuah budaya di Asia, yang menyatakan nomor empat bukanlah nomor yang bagus. Di Mandarin, Jepang, dan Kanton, nomor empat berarti “mati”. 
Sumber :www.tabloidnova.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.