Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara !

Baturaja Radio - Menurut data yang dirilis National Cancer Institute, kebanyakan pria terdeteksi mengidap kanker payudara di usia 60 – 70 tahun. Data selanjutnya menyebutkan kurang dari 1 persen pria yang mengalami kanker payudara dari keseluruhan angka kejadian kanker payudara.
Meski jarang, penyakit ini juga mematikan bagi pria. Bayangkan saja, di tahun 2013, ada lebih dari 2.000 pria yang terdiagnosa kanker payudara, dan lebih dari 400 pria tersebut bisa meninggal dunia karena keganasan penyakit ini. Salah satu penyebabnya adalah pria cenderung tak acuh terhadap gejala kanker payudara. Sehingga, saat kanker payudara sudah terdeteksi, semua sudah terlambat.
“Kesalahpahaman yang sering terjadi adalah pria menganggap mereka tidak memiliki payudara, sehingga mereka jarang memperhatikan perubahan yang terjadi di payudaranya,” ujar Dr. Steven Libutti dari Montifiore Einstein Center for Cancer Care.

Padahal, sama halnya dengan perempuan, perubahan ini mudah dideteksi. Sebut saja, benjolan di sekitar payudara, perubahan tekstur kulit payudara, dan adanya cairan yang keluar dari payudara. Pria yang mengalami mutasi gen BRCA juga cenderung lebih berisiko terkena kanker payudara, prostat, dan pankreas. Ada pula kemungkinan sebanyak 50 persen bahwa gen tersebut bisa diturunkan kepada anaknya.

Beberapa tokoh pria terkenal yang diketahui mengidap kanker payudara antara lain aktor Richard Roundtree, William McGhee, bintang football Ernie Green, Peter Criss (drummer KISS), dan kabarnya juga sutradara George Lucas.
Sumber :

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.