Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Pengendalian Penyakit Layu Fusarium dan Busuk Rhizopus Pada Tanaman Semangka

Adapun jenis Penyakit dan pengendaliannya dapat dilihat lebih rinci adalah sebagai berikut :

1. Penyakit layu fusarium


Cendawan penyakit ini hidup di dalam tanah pada bahan-bahan organik tanah. Patogen dapat hidup sampai 16 tahun meskipun pada lahan tidak ada tanaman semangka. Oleh karena itu pergiliran tanaman untuk mencegah atau menekan serangan penyakit layu ini akan sia-sia belaka. Cendawan ini menyerang tanaman pada semua stadia pertumbuhan. Kecambah atau tanaman muda yang terserang menjadi busuk; begitu pula batang bagian bawah atau leher batang. Pada pertanaman yang telah tumbuh, gejala penyakit ini akanjelas terlihat. Daun-daunnya layu mengkerut, mulai dari ujung tanaman. Bila keadaan sudah demikian, penyakit tidak bisa diobati lagi, aknimya tanaman mati.
Penyebab Fusarium oxysporum (EFS)f. niveum S&H

Pengendalian

Beberapa cara untuk mengendalikan penyakit ini yaitu dengan:
- menggunakan benih yang resisten,
- menggunakan bibit vegetatif (enten atau susuan) dengan pohon pangkal labu air atau waluh yang tahan terhadap penyakit ini.

2. Penyakit busuk rhizopus

Jenis kapang Rhizopus merupakan penyebab penyakit busuk buah pada semangka dan berbagai jenis buah-buahan lain. Infeksi kapang terjadi melalui luka. Penyebab Rhiwpus sp.

Pengendalian
- Pemetikan, pengepakan, pengangkutan, dan penyimpanan buah dilakukan dengan hati-hati agar buah tidak memar atau luka.
- Sanitasi kebun harus dilakukan sebaik-baiknya. Buah-buah yang busuk segera dimusnahkan dengan cara dibakar agar tidak menjadi sumber inokulum. Semut, kepik, dan serangga lain yang dapat menimbulkan luka segera diberantas.
Sumber : cybex.deptan.go.id

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.