Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Memilih Telur Yang Masih Baik


Baturaja Radio - Telur, merupakan bahan utama pada resep membuat kue dan makanan karena menentukan hasil dari kue yang dihasilkan. Jika telur masih baru maka kue yang dihasilkan akan mengembang sempurna, terasa lebih lembut dan halus. Sebaliknya bila kita membuat kue menggunakan telur yang sudah lama, kuning telur yang sudah terpisah dari putihnya bahkan kuning telurnya sudah pecah tidak bulat lagi, maka bisa dibayangkan yang terjadi, kue jadi bantat dan keras.

Buat pemula kejadian ini akan membuat putus asa untuk mencoba lagi bila mereka tidak mengetahui penyebabnya. So, pastikan telur yang digunakan masih baru, maka kita akan puas dengan hasil masakan yang akan dihidangkan.

Telur yang masih baru ( telur yang baik )memiliki ciri ketika telur dipecahkan maka kuning telur masih bulat utuh dan menempel dengan putihnya, selain itu putih telur juga masih kental. Tapi kita tidak mungkin membeli telur dengan memecahkannya terlebih dahulu agar mengetahui telur tersebut masih baru atau tidak. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mengetahui telur yang masih baru dan bagus untuk membuat kue.

1.   Pilih telur yang cangkangnya masih bersih dan tidak retak.

2. Guncangkan telur secara perlahan, dan rasakan. Bila telur terasa kocak, maka sudah dipastikan telur tersebut sudah lama. Jika ketika tidak terasa apa-apa ketika telur digoncangkan, berarti telur tersebut terhitung masih baru.
3.  Selain itu tips mengenali telur yang baik biasa dilakukan dengan cara telur disorot pada lampu yang terang. Jika telur terlihat jernih maka telur tersebut masih baru.
4.  Siapkan wadah berisi air, masukkan telur. Jika telur tenggelam dengan posisi tidur, maka telur tersebut masih baru dan berumur sekitar 4 hari. Jika posisi telur miring, maka telur sudah berumur 1 minggu (7 hari), jika posisi telur berdiri maka sudah dipastikan telur tersebut berumur lebih dari 10 hari dan jika dipecahkan putih telurnya sudah cair bahkan kuning telurnya sudah pecah dan tidak bulat lagi. Bila telur sudah mengambang, maka dipastikan telur sudah tidak layak dikonsumsi.
Sumber : www.caradantips.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.