Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Memilih Mainan Anak

Baturaja Radio - Saat ini mainan anak-anak banyak tersedia, terutama dengan membanjirnya mainan anak-anak buatan China yang menyerbu pasar Indonesia. Bila anda ingin memberikan dan membelikan mainan untuk anak-anak anda yang masih kecil, maka Anda perlu selektif dalam memilihkan jenis mainan yang aman, menyehatkan, sekaligus mencerdaskan.

Fungsi mainan tidak sekedar menjadi teman bermain anak, tapi juga sangat penting untuk merangsang berbagai potensi anak. Dari gerak motorik, koordinasi anggota tubuh, melatih daya imajinasi, dan juga untuk merangsang kecerdasan anak. Nah, berikut tips praktis yang dapat anda lakukan saat mencari atau ingin membelikan jenis mainan untuk anak-anak Anda.

Para orang tua terlebih dahulu harus mengenali tumbuh kembang anak. Anak yang masih batita tentu membutuhkan mainan yang berbeda dengan anak yang telah berumur 4 atau 5 tahun.

Untuk anak batita atau di bawah 3 tahun, pilihlah mainan yang memiliki warna-warna kontras. Warna dapat membantu dan merangsang indra penglihatan anak dan juga untuk merangsang anak untuk tertarik terhadap sesuatu. Begitu juga dengan jenis mainan yang memiliki suara, akan lebih baik diberikan untuk anak yang berumur kurang dari 1 tahun. Mainan jenis ini akan merangsang kepekaan indra pendengaran anak dan juga melatih gerak reflek motorik anak.

Orang tua harus selektif memilih jenis mainan yang bahan atau cat pelapisnya relatif tidak mudah terkelupas atau aman untuk anak. Hati-hati dengan mainan yang cat pelapisnya mengandung bahan kimia berbahaya karena dapat menjadi racun dalam tubuh anak.

Anda sebaiknya jangan terjebak dengan harga mainan yang murah yang biasanya dibuat dengan bahan yang murah dan berbahaya untuk anak. Namun orang tua juga jangan terjebak pada mainan mahal. Yang penting utamakan fungsi dan keamanan mainan untuk anak.

Hindarkan mainan berbulu untuk anak-anak yang alergi dengan debu, menderita asma, atau mengalami gangguan pernafasan, karena mainan ini sering menjadi tempat menempel kotoran udara. Begitu juga dengan mainan yang mengandung bau menyengat, sebaiknya dihindari.
Sumber : tipspraktis-jitu.blogspot.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.