Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Merawat Karpet Agar Tetap Bersih dan Cantik

Baturaja Radio - Bahwa karpet lihai memercantik interior rumah, itu sudah jelas. Nah, agar fungsi tersebut tetap langgeng, jelas bahwa karpet perlu dirawat. Tidak lucu, bukan, kalau si karpet yang semestinya memerindah ruangan, malah memerburuk gara-gara ia telah kusam, tidak terawat.

Biar gampang, karpet bisa dicuci oleh binatu setiap beberapa waktu. Tapi, jelas bahwa perawatan karpet bisa dilakukan sendiri. Apa saja langkah yang bisa dilakukan sendiri tersebut? Simaklah.

1. Setelah beberapa bulan, karpet bisa Anda cuci dengan sabun khusus untuk karpet. Usai dicuci/disikat dengan air dan sabun tersebut, jemurlah karpet sampai benar-benar kering. Lantas, gunakan mesin pengisap debu (vacuum cleaner) untuk membersihkan karpet. Selesai, karpet telah bersih sehingga bisa digunakan lagi.

2. Untuk perawatan yang lebih rutin—di luar pencucian dengan sabun khusus, mesin pengisap debu memang berperan penting. Gunakanlah mesin tersebut setidaknya tiga kali dalam seminggu sehingga debu di karpet dienyahkan.

3. Selain mesin pengisap debu, sapu lidi pun bisa mengenyahkan debu dari karpet.

4. Baking soda cukup cekatan mengusir aroma apek pada karpet. Percikkan bahan pembuat kue tersebut sedikit saja ke karpet. Setengah jam berselang, bersihkan karpet dengan mesin pengisap debu.

5. Bagaimana bila karpet ternoda tumpahan makanan dan minuman? Hal berikut ini bisa dilakukan:

a. Secepat mungkin, bersihkan noda makanan-minuman tersebut dengan kain lap ataupun kertas tisu. Sehingga, noda tersebut segera terserap.

b. Lantas, campur air dengan deterjen. Usapkan lap yang telah dicelupkan ke air tersebut ke noda tersebut.

Lakukan hal itu mengikuti atau berlawanan dengan arah bulu-bulu karpet.

Bila noda tersebut telah bersih, jemurlah karpet; jangan terlalu lama untuk penjemuran ini.

6. Upayakan agar karpet tak sering diterpa sinar sang surya. Dengan begitul, warna karpet tidak lekas pudar.
Sumber : ary-widianto.blogspot.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.