Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

April, PLTU Kibang Beroperasi


Baturaja Radio - Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) di Desa Terusan, Kecamatan Baturaja Timur, diharapkan pada April mendatang dapat beroperasi.

Manajer PT PLN Rayon Baturaja, Kabupaten OKU,Yeyen Muryono mengatakan, PLTU Kibang berkapasitas 2 x 10 MW mampu menerangi Bumi Sebimbing Sekundang dalam waktu dekat.“Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan PLTU Kibang akan beroperasi pada April mendatang,” katanya kemarin.

Dia menjelaskan,PLTU Kibang khusus untuk wilayah OKU. Dengan artian,PLTU tidak bisa menyuplai aliran listrik ke luar OKU. “Ini dirancang khusus untuk pelanggan di OKU.Bahkan,PLTU ini juga tidak menyuplai ke PT Semen Baturaja,”ujarnya. Yeyen menuturkan,setelah PLTU Kibang beroperasi, pemadaman listrik bergilir di wilayah OKU tidak akan terjadi lagi karena kebutuhan sudah mencukupi.

“Saya kira tidak ada pemadaman lagi di daerah ini. Dengan adanya PLTU Kibang, otomatis pasokan listrik di OKU raya tidak bertumpuk di Baturaja.Jadi,meskipun ada yang padam, listriknya tidak padam semua,”ucapnya. Kebutuhan listrik di OKU sebesar 70 MG, sedangkan PT Semen Baturaja membutuhkan sekitar 20 MG.“Sampai sekarang pasokan di OKU masih aman. Bahkan, jika PLTU Kibang 2 x 10 MW beroperasi, OKU tidak akan ada pemadaman bergilir lagi,”ujarnya.

Sementara itu, Pemkab OKU mencatat,masih ada delapan desa yang belum dialiri listrik, di antaranya 2 desa di Kecamatan Peninjauan, 2 desa di Kecamatan Lengkiti, dan 2 desa di Kecamatan Semidangaji. “Selebihnya sudah menikmati aliran listrik,” ujar Kadis Pertambangan Energi OKU M Nasir Yazid beberapa waktu lalu. Distamben Pemkab OKU, kata dia,menargetkan rasio listrik desa mencapai 100% yang masuk dalam program RJMD 2013.

Sementara, tahun 2012, Distamben telah memasang 16 titik jaringan tenaga menengah (JTM) dan jaringan tenaga rendah (JTR) beserta gardu di empat kecamatan di Kabupaten OKU,masing-masing berada di Kecamatan Lubukbatang, Baturaja Timur, Sosohbuayarayap, dan Muarajaya.

”Untuk koneksi gardu nantinya langsung dari PLN Rayon Baturaja. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini segera dikoneksikan sehingga masyarakat yang belum menikmati listrik bisa menikmatinya,”bebernya.
Sumber : www.seputar-indonesia.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.