Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

10 Selebriti Indonesia dan Cerita Batik Versi Mereka

Baturaja Radio - Batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. ~ Wikipedia

Di Indonesia, keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009, oleh UNESCO. Sebagai penanda, tanggal tersebut pun akhirnya juga ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Bertepatan dengan perayaan tersebut, pada Selasa (2/10) ini,KapanLagi.com® merangkum 10 nama selebriti yang pernah atau hingga kini tengah terkait dekat batik. Siapa saja mereka, dan apa saja keunikan batik versi masing-masing ?


1. Angelina Sondakh - Duta Batik

Rasa tidak pede sering kali dialami Angelina Sondakhsaat berkunjung ke luar negeri, apalagi saat tahu dirinya dari Indonesia. Angelina merasa selama ini tidak ada sesuatu yang tepat yang bisa menunjukan identitas diri. Karena itu, Angie gencar kampanye batik. Dan sebagai duta batik, pada tahun 2006 silam, Angie tak hanya bicara saja. Ia terjun langsung ke sentra-sentra batik di daerah, seperti Pekalongan, Solo, Jogja, Cirebon dan Indramayu.

2. Hedi Yunus - Lelang Batik

Tahun 2009 silam, mengenakan batik bagi Hedi Yunussudah jadi kebiasaan. Ia bahkan sudah memiliki koleksi puluhan batik. Hedijuga pengalaman sendiri dengan baju batik. Dalam acara 17 Agustus, Heditampil di atas panggung dengan mengenakan batik, di London. Penonton yang sebagian besar bule, ternyata banyak yang tertarik. Akhirnya ia iseng melelang bajunya, dan ternyata laku. Batik berwarna merah putih itu membuat Hedi bangga, karena merasa budaya Indonesia dihargai.
 
3. Oppie Andaresta - Video Klip Konsep Batik

Single Oppie Andaresta, Wanita Indonesia yang rilis pada 2010, berisi tentang perjuangan kesetaraan gender dan diskriminasi wanita. Menurut Oppie, sebenarnya wanita indonesia itu kuat. Melalui album ini tampaknya ia dan teman-temannya ingin menyemangati wanita Indonesia untuk berbangga dan terus berjuang. Dalam pengerjaannya,Oppie menggunakan konsep batik. Hal ini, menurut Oppie, merupakan unsur nasionalis, sekaligus ajang promosi batik Indonesia agar lebih dikenal lagi.

4. Daniel Mananta - Mobil Promo Motif Batik

Jika para pecinta modifikasi mobil mendandani mobil mereka agar tampak sporty dengan penampilan street racing seperti di film FAST AND FURIOUS, berbeda dengan gaya yang dipilih Daniel Mananta. Pada 2010, ia mendandani Toyota Velfirenya dengan cutting stiker desain batik. Alasan pemilihan desain ini juga digunakan sebagai kampanye clothingnya yang mengedepankan konsep Indonesia.

5. Annisa Pohan - Brand Ambassador Produk Batik

April 2011, Annisa Pohan yang menjadi duta besar produk batik, mengungkapkan jika batik adalah warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Dia pun berharap jika semua masyarakat bisa menghargai batik. Annisa sendiri juga berkeinginan suatu saat nanti ada orang Indonesia yang melakukan riset terhadap batik agar semua orang bisa mengetahui sejarahnya. Pasalnya selama ini hanya orang luar yang telah melakukan riset dan menuliskannya dalam sebuah buku.

6. Indah Dewi Pertiwi - Bangga Dengan Batik

Indah Dewi Pertiwi rupanya sangat bangga dengan budaya asli Indonesia. Dalam berbagai kesempatan, ia kerap terlihat mengenakan pakaian batik. Tak hanya batik tradisional saja, Indah juga suka batik modern. Indah juga mengaku bahwa setiap ada show di daerah, dia menyempatkan membeli kain batik, meski untuk mendesainnya dilakukan di Jakarta. Selain busana, Indah juga sering memakai motif batik untuk aksesori-aksesori yang dipakainya.

7. Bunga Citra Lestari - Cantik Dengan Batik


Bunga Citra Lestari tampil cantik dengan mengenakan busana batik rancangan Anne Avantie dalam Grand Final Puteri Indonesia 2011 di Jakarta Convention Center. Kemben batik ini menambah cerah penampilan wanita yang akrab disapa Unge ini. Warna dan motif batik yang ia kenakan sangat menonjolkan unsur Indonesia. Dipadu dengan sepatu silver, lengkap dan sukseslah sudah usaha Unge untuk tampil elegan.

8. Vicky Shu - Batik Seksi

Penyanyi yang juga desainer sepatu, Vicky Shu, tampil unik di acara ulang tahun DAHSYAT tahun 2012. Ada unsur etnik Indonesia yang dikenakan oleh gadis semampai yang sering tampil seksi ini. Kali ini ia memadukan kain batik dengan warna merah dan hiasan emas untuk kostum panggungnya. Seperti biasa, Vicky punya model sendiri yang unik untuk kostumnya ini. Kaos tangan merah dan sepatu boot keemasan pun melengkapi penampilannya.

9. Ayu Diah Pasha - Gebyar Batik Muda Nusantara

Acara Gebyar Batik Muda Nusantara (GBMN) 2012 yang diselenggarakan oleh Ayu Diah Pasha beberapa waktu lalu, mendapat dukungan penuh dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dalam jumpa pers yang digelar di Kantor Kemenparekraf di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Ayu mengatakan ingin melestarikan batik sebagai salah satu warisan budaya nusantara

10. Piyu - Mobil Batik Rp 1,5 Miliar

Beruntung bagi Piyu, di garasinya tersimpan sebuah mobil limited edition. Mercedes Benz C250 Avantgarde batik itu jatuh ke tangan pentolan band Padi itu setelah ia memenangkan lelang. Mobil bermotif batik tersebut pun menjadi salah satu barang kesayangan Piyu, bahkan saking sayangnya mobil tersebut tidak digunakan sehari-hari. Jika ada yang ingin menggunakan, dia menyewakan mobil tersebut. Ada yang berminat?
Sumber : kapanlagi.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.