Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kiat Memasak Sayuran Sehat dan Nikmat


Baturaja Radio - Sayur-sayuran baik dikonsumi oleh siapa saja. Mulai dari sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, sayuran berwarna cerah seperti wortel dan tomat, serta lainnya. Sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.Untuk mempertahankan kandungan ini, kita harus memasak sayuran dengan benar. Banyak yang bilang memasak sayuran dengan cara tidak terlalu matang adalah yang terbaik, tapi tidak semua orang suka dengan rasanya. Lagipula memasak sayuran setengah matang belum tentu mematikan kuman dan bakteri yang ada dalam sayuran. Karena itu kita harus mengetahui beberapa kiat memasak sayuran sehat dan nikmat.

Ada beberapa cara memasak sayuran, yaitu dikukus, direbus, ditumis, dimasak tanpa air, dipanggang, dan dimasak dengan tekanan tinggi/ presto. Dikukus adalah cara terbaik untuk memasak seluruh jenis sayuran. Cara ini dapat mematangkan sayuran dalam waktu singkat dan mempertahankan kandungan gizinya. Agar rasa sayuran lebih renyah dan warnanya tetap segar setelah dikukus, masukkan sayuran ke dalam air dingin selama satu menit lalu sajikan. Yang perlu diingat, dikukus beda dengan direbus. Dikukus artinya sayuran dimatangkan oleh asap dari air di bawahnya, sedangkan direbus dimatangkan dengan direndam di air tersebut. Memasak sayuran dengan cara direbus beresiko menghilangkan kandungan gizi dalam sayur. Untuk menghindarinya, rebus sayuran ketika air sudah mendidih lalu angkat segera setelah matang.Anda juga bisa menambahkan garam untuk menambah rasa gurih pada sayuran dan mempertahankan warnanya.

Selanjutnya adalah kiat memasak sayuran sehat dan nikmat dengan cara ditumis. Cara ini adalah cara yang paling umum dalam memasak sayuran. Sayuran seperti kangkung, tauge, dan kacang panjang sangat pas untuk ditumis. Dalam menumis, sebaiknya gunakan minyak secukupnya saja lalu sertakan minyak tersebut dalam penyajian karena vitamin sayuran biasanya terlarut dalam lemak minyak tersebut.Anda juga bisa memasak sayuran tanpa minyak, yaitu hanya dengan mengandalkan air dari daun sayuran tersebut.Cara ini tepat untuk sayur-sayuran berdaun hijau seperti lettuce atau sawi. Memasaknya hanya membutuhkan tiga hingga lima menit. Untuk sayuran seperti kentang, bawang, dan tomat, paling cocok dimasak dengan cara dipanggang. 

Dengan cara ini kandungan air dan gizi dalam kulit sayuran akan tetap terjaga. Yang perlu dihindari adalah memasak dengan cara dipresto. Meskipun bisa menyingkat waktu, jika tidak tepat, memasak sayuran dengan cara ini bisa membuat sayuran menjadi lembek dan kehilangan nutrisi. Suka menyimpan sayur di dalam kulkas?Pastikan sebelum dimasak, cuci sayuran terlebih dahulu dengan air bersih agar bakteri dari kulkas hilang. Dengan dicuci dengan air, suhu sayuran juga akan kembali normal sehingga saat dimasak sayuran tidak akan kehilangan kandungan vitamin C-nya. Selamat memasak.
sumber : lovira.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.