Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

9 Perawatan Wajah Berjerawat Yang Tepat Agar Cepat Membaik


Baturajaradio.com -- 
Jerawat adalah masalah yang cukup umum terjadi pada setiap orang, terutama remaja dan orang dengan jenis kulit berminyak. Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup, makanan, atau salah memilih produk perawatan wajah (skincare). Perawatan wajah berjerawat penting dilakukan secara rutin agar masalah kulit ini bisa diatasi dan mencegahnya muncul kembali.

Mari ketahui lebih lanjut seputar rangkaian perawatan waj
ah berjerawat yang bisa diterapkan secara rutin.

Tips Perawatan Wajah Berjerawat secara Tepat

Bagi para pejuang kulit jerawat, berikut adalah beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat di wajah.

1. Rutin Mencuci Muka

Salah satu perawatan sehari-hari untuk wajah berjerawat yang wajib dilakukan adalah mencuci wajah secara rutin dua kali sehari, yakni saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. 

Saat mencuci wajah, gunakan sabun wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Mengingat kulit berjerawat cenderung lebih sensitif, maka sebaiknya gunakan sabun berbahan kimia ringan dan lembut agar tidak menimbulkan iritasi kulit.

Anda juga bisa menggunakan sabun wajah yang memiliki kandungan sulfur di dalamnya. Pasalnya, sulfur bisa membantu mengeringkan jerawat dan mengelupas bekas jerawat. Namun, hindari gerakan menggosok yang terlalu kencang saat mencuci muka karena berisiko menyebabkan jerawat pecah.

Perlu diketahui mencuci muka terlalu sering justru tidak disarankan karena akan menghilangkan lapisan minyak alami wajah, sehingga memicu kulit memproduksi minyak berlebih. Akibatnya, risiko munculnya jerawat akan meningkat.

2. Hindari Menyentuh atau Memecah Jerawat

Kondisi wajah berjerawat sering kali membuat orang ingin menyentuh dan memecahnya dengan tangan. Padahal, kebiasaan ini justru dapat menyebabkan kondisi jerawat dan kulit wajah semakin memburuk, terutama jika dilakukan dengan tangan yang kotor.

Memecahkan jerawat juga dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan terbentuknya jaringan parut atau bopeng bekas jerawat yang parah di wajah. Jadi, agar jerawat tidak semakin parah, sebaiknya hindari menyentuh atau memecahkan jerawat.

3. Membersihkan Riasan di Wajah Sebelum Tidur

Membersihkan riasan yang menempel di wajah adalah salah satu perawatan wajah berjerawat sebelum tidur yang tak boleh dilewatkan. Pasalnya, kebiasaan tidur dengan riasan di wajah akan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat, sehingga bisa memperparah dan memicu munculnya jerawat.

Bersihkan riasan wajah melalui dua tahap, yaitu menggunakan pembersih khusus make up, lalu dilanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan face wash. Aplikasikan produk perawatan tersebut pada wajah secara lembut untuk menghindari risiko iritasi kulit.

4. Melindungi Kulit Wajah dari Paparan Sinar Matahari

Sinar UV merupakan salah satu sumber pemicu masalah pada kulit, termasuk kulit kusam, flek, dan jerawat. Karena itu, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari secara langsung apabila wajah sedang berjerawat, seperti menggunakan topi atau masker yang dapat melindungi muka saat berada di luar ruangan.

Tak kalah penting, selalu gunakan sunscreen atau tabir surya dengan minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari efek paparan sinar UV matahari. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sunscreen, gunakan produk ini setelah pelembap dan oleskan atau semprotkan kembali (reapply) setiap 2 jam sekali. Pasalnya, fungsi sunscreen bisa memudar dalam beberapa jam.

5. Menggunakan Skincare untuk Kulit Berjerawat

Cara merawat wajah berjerawat tidak boleh sembarangan. Anda dapat memilih produk perawatan kulit atau kosmetik yang berlabel noncomedogenic atau nonacnegenic. Pasalnya, produk tersebut lebih cocok untuk kulit berjerawat (acne friendly).

Akan tetapi, pada beberapa orang, jerawat masih berpotensi muncul walau sudah menggunakan produk berlabel noncomedogenic dan nonacnegenic. Untuk memastikannya, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit mengenai jenis produk yang sesuai dengan tipe kulit wajah.

Selain itu, perhatikan juga penggunaan produk perawatan rambut, seperti minyak rambut, gel rambut, atau pomade karena residunya berpotensi menimbulkan jerawat di wajah.

6. Mengonsumsi Makanan Sehat

Perawatan wajah berjerawat tidak hanya bisa dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam melalui konsumsi makanan-makanan yang sehat. Pasalnya, pola makan tidak sehat pun bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

Adapun sejumlah makanan penyebab jerawat antara lain makanan yang mengandung lemak jenuh, makanan tinggi karbohidrat, makanan tinggi gula, dan olahan susu. Sebagai alternatif, perbanyaklah konsumsi sayur, buah, biji-bijian utuh, dan protein untuk mencegah munculnya jerawat.

7. Mengelola Stres

Selain dari makanan, perawatan wajah berjerawat juga bisa dibantu dengan mengatasi stres. Pasalnya, stres dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum atau minyak alami pada kulit wajah. Tidak hanya itu, masalah kesehatan mental ini juga dapat memicu produksi hormon kortisol pada tubuh.

Hormon kortisol merupakan hormon stres yang dapat menyebabkan jerawat semakin memburuk dan dapat merangsang pembentukan jerawat baru. Oleh sebab itu, perbanyak melakukan hal-hal yang menyenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati.

8. Olahraga secara Rutin

Berolahraga rutin rupanya juga bisa menjadi salah satu perawatan wajah berjerawat. Olahraga bisa membantu mengendalikan stres dengan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks. Alhasil, jerawat akibat stres bisa dicegah.

9. Menggunakan Obat Jerawat

 Apabila jerawat pada wajah tak kunjung membaik, maka penggunaan obat jerawat bisa menjadi solusinya. Namun, dalam hal ini sebaiknya konsultasikan secara langsung dengan dokter spesialis kulit. Pasalnya, penanganan untuk setiap jenis kulit wajah dan penyebab jerawat bisa berbeda-beda pada setiap individu.

Jika ingin mendapatkan perawatan wajah berjerawat dari dokter, kunjungi Siloam Hospitals terdekat untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit kami. Buat janji temu bersama dokter melalui fitur Cari Dokter yang tersedia.

Anda juga bisa menggunakan paket medical check up Dermatologue - Aquapure Facial (3x treatment) untuk melakukan perawatan wajah di Siloam Hospitals setelah berkonsultasi dengan dokter.

Apabila hendak berkonsultasi dari rumah, gunakan saja fitur telekonsultasi yang tersedia di aplikasi MySiloam. Aplikasi MySiloam juga memungkinkan Anda untuk melihat hasil cek laboratorium hingga melakukan pemesanan paket kesehatan dengan mudah. Mari unduh aplikasinya sekarang dan jaga kesehatan Anda #BersamaSiloam!


Sumber Artikel :: ini dibuat dan diterbitkan oleh Siloam Hospitals, baca selengkapnya di: *https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/perawatan-wajah-berjerawat*



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.